.

.
buku sakti bisnis pemula

Thursday, October 6, 2011

USAHA LAPANGAN FUTSAL

sumber: sentra kukm.com
PROSPEK USAHA
Futsal merupakan salah satu olah raga yang kian banyak digemari. Sebagaimana halnya sepak bola, para penggemar olah raga futsal cukup cukup banyak, terutama sekali para kawula muda. Selama ini, ketersediaan lapangan futsal sudah cukup banyak, namun nampaknya masih belum mampu memenuhi kebutuhan konsumen
bahkan seringkali selang selama satu minggu sebelumnya, lapangan futsal sudah habis dipesan oleh penggunanya. Sementara pada saat yang bersama pula, para pengguna lainnya pula menunggu jadwal penggunaan lapangan rutsal kosong atau berlomba-lomba memesan tempat.
Pada lokasi permukiman juga semakin banyak anak-anak dan remaja yang membutuhkan sarana berolahraga futsal sekaligus arena bermain. Pada daerah perkantoran juga merupakan potensi bagi usaha futsal. Realita ini menunjukkan bahwa masih terbukanya peluang usaha bagi UMKM yang ingin mencoba usaha membuka lapangan futsal dengan harga yang relative bersaing dan terjangkau bagi konsumennya.


TIPS KEBERHASILAN USAHA

Usaha futsal memerlukan beberapa persiapan untuk memulainya. Persiapan ini pada dasarnya merupakan langkah-langkah awal sebelum memulai usaha futsal agar teridentifikasi kebutuhan mendasar yang diiperlukan baik dalam rangka penyediaan lahan, modal invesatsi, maupun pemenuhan bahan baku aupun peralatan. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan segala sesuatunya adalah sebagal berikut:

1. Menentukan pilihan lokasi dan tempat yang akan dijadikan tempat futsal, lokasi yang dekat dengan permukiman atau perkantoran member nilai tambah.
2. Memilih lokasi dan tempat lapangan futsal sebaiknya mempertimbangkan aspek kenyamanan, keamanan, dan tidak mengganggu orang¬-orang di sekitarnya. Jika mungkin pilihlah lokasi dengan luas yang memadai atau berukuran standar umum bahkan internasional.
3. Memperhatikan sirkulasi udara gedung dan lapangan futsal dengan cara mengusahakan sedemikian rupa agar saluran udaranya atau ventilasi udara relative cukup, sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman dalam bermain futsal atau menikmati suasana.
4. Untuk mendukung suasana di ruang tunggu dapat disediakan televisi sebagai media informasi dan sarana hiburan bagi para pemain/pengunjung.
5. Sediakan pula informasi/majalah futsal atau bahan bacaan yang menghibur pemain/pengunjung.
6. Mempersiapkan berbagai peralatan, perlengkapan, dan infrastruktur lainnya atas dasar prinsip kecukupan dan kememadaian kuantitas maupun kualitasnya.
7. Berbagai kesiapan tempat dan peralatan futsal ditunjang pula dengan acara pembukaan (grand opening) dengan maksud agar tempat dan lokasi futsal yang ada lebih dikenal dan dilirik banyak orang. Pada akhirnya pengguna dapat menggunakan lapangan futsal dengan berbagai fasilitas secara kontinu. Dengan kondisi ini, usaha futsal yang digeluti banyak dikenal orang, digemari, dan usaha berkesinambungan dalam jangka pendek maupun panjang.
8. Agar tempat dan keberadaan usaha dan lapangan futsal selalu dapat diketahui orang atau calon pengguna, maka pemasangan spanduk atau billboard di depan tempat futsal.
9. Berikan layanan yang memuaskan para pemain/pengunjung lapangan futsal agar mereka betah dan menikmati lapangan futsal sebagai arena bermain dan arena hiburan bersama.
FAKTOR KRITIS PADA KEBERHASILAN USAHA
Selain memeberikan nilai manfaat dan keuntungan bagi pemiliknya, terdapat sejumlah hambatan dan kendala sebagai faktor kritis dalam menjalankan usaha futsal yang harus dihadapi. Paling tidak terdapat beberapa hambatan yang mungkin dihadapi, di antaranya adalah menyangkut hal-hal sebagai berikut.
Kesadaran pelanggan dalam menjaga lingkungan tempat dan fasilitas tempat futsal sangat menentukan kenyamanan pemakaian ruangan dan lapangan futsal. Kesadaran pelanggan yang rendah terhadap ruang dan fasilitas lapangan futsal mengakibatkan kerusakan lapangan dan fasilitas, ketidaknyamanan, sehingga dalam jangka panjang dapat mengurangi nilai omzet bahkan tingkat pendapatan atau keuntungan usaha futsal yang semakin menurun.


Adanya perilaku atau tindakan pelanggan yang sering berulah pada saat penggunaan lapangan atau mengotori tempat futsal juga ikut berkontribusi terhadap ketidaknyamanan dan kekotoran lapanganfutsal. Oleh karena itu, pemantauan keadaan pada saat lapangan futsal digunakan memerlukan perhatian serius dan tindakan sesegara mungkin, agar faktor ketidaknyamanan dalam pemakaian apangan dapat teratasi.
• Lapangan dan ruangan fasilitas pemain/pengunjung dilengkapi dengan ventilasi yang baik dan pencahayaan yang cukup terang, sehingga mendukung kenyamaan dan keamanan dalam bermain maupun menunggu.
• Jika lapangan futsal menggunakan rumput sintetis, maka kemungkinan besar mudah terjadi kerusakan lapangan. Jika seperti ini, maka perlu dilakukan perawatan berkala dan terkendali.
• Persaingan dengan para pesaing lain yang menekuni usaha futsal perlu diperhatikan, jika mungkin dilakukan pendekatan dan pembicaraaan agar tercapai kesepakatan bersama


TEKNIS MELAKUKAN USAHA

Keberlangsungan usaha futsal sangat perlu diperhatikan, karena usaha ini memerlukan menjaga investasi lapangan yang telah dibangun. Agar usaha futsal dapat terus berlangsung dan berjalan lancar, maka perlu dilakukan beberapa hal hal sebagai berikut :
- Menggunakan tanah kosong yang strategis. dan mudah
dijangkau oleh para pengguna olah raga futsal, lakukan analisis lingkungan dengan mempertimbangkan pula peluang calon pemain/pengunjung (anak-anak, remaja, orang dewasa). Menyediakan lahan parkir bagi kendaraan bermotor yang cukup luas dan ruang tunggu yang memadai bagi para pemain

 Terdapat dua ukuran lapangan futsal, yaitu Ukuran Umumpanjangnya 25 m – 45m dengan lebar: 15 m – 25 m, sedangkan ukuran internasional panjangnya 38 m – 42 m dengan lebar: 18 m – 22 m.
 Menyediakan media informasi dan promosi semaksimal mungkin agar usaha futsal dikenal dan dikunjungi.
 Menerapkan sistem keanggotaan (membership) dengan memberikan ikatan keanggotaan atau pemberian insentif diskon bagi anggota aktif yang telah terdaftar.
 Menyewakan perlengkapan lain yang dibutuhkan pengguna, misalnya sepatu bola, kaos tim sepakbola, kaos kaki. Senantiasa mengikuti mode/trend yang diminati oleh pelanggan futsal.
 Untuk menarik pelanggan, perlu diadakan turnamen, pertandingan, eksebisi, atau kompetisi futsal. Selain memperbanyak frekuensi penggunaan lapangan, hal ini juga bermanfaat bagi upaya perluasan jangkauan bagi khalayak akan keberadaan tempat dan jenis layanan yang tersedia maupun salah satu ajang promosi yang sangat tepat.
 Melakukan kerjasama dan melakukan hubungan sponsor (sponsorship) untuk bekerja sama dan memajang iklan produknya di dalam ruangan lapangan futsal (indoor) atau di luar bangunan tempat bangunan futsal (outdoor). Dengan demikian, kegiatan kerjasama ini akan menambah perolehan pendapatan (income) tambahan.
 Membuka kios minuman dengan berbagai variasi jenis dan merknya sesuai dengan selera dan kebutuhan pengguna lapangan. Hal ini dapat menambah penghasilan rutin, terutama sekali menunjang secara langsung pembiayaan kebersihan dan kenyamanan ruangan dan lapangan futsal, disamping memberikan layanan bagi pengguna.

ASPEK LEGALITAS
Beberapa izin usaha wajib dimiliki oleh pengusaha antara lain :
1. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan;
2. Izin Gangguan (HO) atau Surat Izin Tempat Usaha dari Dinas Perizinan;
3. Surat Pernyataan tidak keberatan dari warga atas usaha tersebut. Usaha futsal yang menjamur belakangan ini ternyata menimbulkan keresahan warga akibat keramaian atau kributan yang ditimbulakn bagi lingkungan di sekitarnya.
Permohonan Izin untuk skala besar diserahkan kepada Dinas Perizinan dengan membawa lampiran berupa :
o Fotokopi KTP pemohon;
o Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan;
o Fotokopi IMB, site plan berikut gambar denah dan situasi;
o Fotokopi Surat kepemilikan tanah atau keterangan status kepemilikan tanah;
o Keterangan domisili Perusahaan dari Lurah/Camat setempat;
o Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga yang bersebelahan dengan lokasi usaha;
o Fotokopi bukti pelunasan PBB tahun terakhir;
o Peta lokasi dengan skala 1:100 dan peta situasi skala 1:1000;
o Proposal teknis rencana pembangunan lapangan dan site plan
o Gambar konstruksi bangunan yang telah mendapat persetujuan dari instansi setempat lengkap dengan bangunan ukur (water meter)
o Rekomendasi/Serbaguna dari Lurah dan Camat setempat

ANALISA USAHA
Beberapa asumsi di dalam pembiayaan bagi usaha futsal , yaitu umur ekonomis bangunan ditaksir selama 20 (dua puluh) tahun, penyusutan menggunakan metode garis lurus. Analisis ini didasarkan atas lapangan indoor.
Modal awal:
o Lahan, bangunan & peralatan Rp. 150.000.000,00
o Perizinan Rp. 3.000.000,00
o Bangunan Lapangan 600 m2 Rp. 240.000.000,00
o Peralatan dan infrastruktur Rp. 10.000.000,00
o Peralatan administrasi Rp. 3.000.000,00
Jumlah modal awal Rp. 406.000.000,00
Perhitungan laba/rugi per bulan
Penerimaan satu bulan:
o Sewa lapangan: 80 jam @ Rp 150.000,00 Rp. 12.000.000,00
Pengeluaran satu bulan: .
o Beban listrik, air, sampah Rp. 1.200.000,00
o Maintenance Rp. 700.000,00
o Gaji 2 karyawan Rp. 1.800.000,00
o Penyusutan Rp. 1.045.833,00
Jumlah Pengeluaran Rp. 4.745.833,00
Laba bersih satu bulan Rp. 7.254.167,00

4 comments:

  1. Kenapa sewa lapangan 80 Jam ? bukannya 1 Bulan = 30 Hari..
    1 hari 3 jam saja = 90 Jam...
    1 hari bisa 10 Jam jadi 30 Hari = 300 Jam...
    Jika di hitung Produktif 5 Jam sama maka 1bulan = 150 Jam

    150 Ribu x 150 jam = 22.5 Juta..
    Pengeluaran 5 Juta.
    Laba Bersih = 17.5 Juta.

    Balik modal 24 Bulan atau 2 Tahun..

    ReplyDelete
  2. Iya Mas Taufick Max, maaf cuma copas saja dari web aslinya :))

    ReplyDelete
  3. gan tuch g bsa di perkecil lagi ya.... modal bisnis futsalnya ... ?

    ReplyDelete
  4. http://www.tokobagus.com/iklan/lapangan-futsal-34211291.html

    ReplyDelete