USAHA WARUNG BAKSO


PROSPEK USAHA

Makanan asal negara Cina yang satu ini sangat digemari masyarakat Indonesia.  Semakin hari, bakso semakin banyak penggemarnya.  Produknyapun semakin berkembang baik jenis maupun variasinya.  Sebelumnya Bakso hanya dibuat dari daging sapi.  Namun sekarang ada berbagai jenis bakso yang dijual dipasaran, diantaranya bakso ikan dan bakso ayam.
Pedagang bakso keliling juga sangat banyak menjajakan aneka bakso.  Ada yang menamakannya bakso solo, bakso malang, bakso urat atau bakso bandung.  Selain dijajakan keliling, bakso mulai dijual di tempat menetap, seperti di ruko, cafe, atau food counter di sebuah mal. Sekarang usaha bakso sudah ada yang menerapkan sistem waralaba.  Bakso yang awalnya merupakan makanan jalanan,sekarang mulai disajikan dengan gaya resto.
Berkembangnya usaha bakso seperti ini menunjukkan bahwa bakso sangat banyak penggemarnya, dari lapisan bawah hingga lapisan atas.  Melihat peluang pasar yang begitu besar, rasanya tidak perlu khawatir bakso yang kita jual tidak laku.  Namun karena persaingan usahanya sangat ketat, ide menjual bakso yang aman dikonsumsi menjadi sebuah kebutuhan.  Dengan tetap mempertahankan tekstur bakso yang kenyal, tetapi tetap sehat dan halal, tidak menggunakan  boraks dan formalin, peluang bisnisnya tetap terbuka lebar.
           



TIPS KEBERHASILAN USAHA

  1. Kuasai cara pembuatan bakso, mie dan kuahnya sehingga dapat dihasilkan kualitas mie bakso yang baik dengan rasa yang sangat disukai konsumen di sekitar masyarakat setempat.
  2. Bakso dan rasa yang disajikan harus memiliki kekhasan tersendiri, seperti: bakso ceker, bakso kepala sapi, bakso rudal, bakso urat, bakso tenis, bakso tulang iga dan lain-lain. Kalau perlu menu spesial yang hanya ada di warung bakso tersebut.

FAKTOR KRITIS PADA KEBERHASILAN USAHA

Usaha warung bakso sangat tergantung pada rasanya yang lezat, apalagi kalau rasa bakso yang kita jual mempunyai rasa selain enak juga khas/unik. Disamping itu hal yang perlu diperhatikan adalah tidak menentunya harga daging yang menjadi bahan baku utama pada bakso. Hal yang tidak kalah penting dan tidak boleh luput dari perhatian adalah faktor kebersihan warung dan kenyamanan tempat disamping kebersihan dari si penjualnya.



TEKNIS MELAKUKAN USAHA
Kesiapan Teknis
Guna menjalankan kegiatan usaha ini maka diperlukan langkah-langkah sebagai berikut :
  • Siapkan tempat yang strategis (dekat dengan konsumen)
  • Siapkan gerobak bakso, kursi, meja, dan peralatan lainnya
  • Buatlah menu yang dapat dijual dengan harga yang terjangkau
ASPEK LEGALITAS
Perijinan dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan perkembangan perusahaan, namun  bila usaha yang dibangun adalah perusahaan formal maka sebelum usaha ini berjalan sebaiknya perijinan-perijinan dilengkapi terlebih dahulu.  Perijinan yang diperlukan umumnya berupa ijin prinsip dari instansi terkait, Surat Ijin Tempat Usaha (SITU), Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP),  Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Akte Pendirian Perusahaan melalui Notaris dan lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

ANALISA USAHA
1. Asumsi
- Tempat usaha sudah tersedia atau sewa
- Tenagakerja yang diperbantukan satu orang
- Modal usaha yang digunakan adalah modal sendiri

2. Biaya-biaya Usaha
Biaya Investasi atau modal awal terdiri dari
  • Gerobak
Rp.  1.000.000,-
  • Gas dan kompornya 
Rp.     500.000,-
  • Meja dan Kursi                                   
Rp.  1.000.000,-
  • Peralatan mangkok dan gelas
Rp.     750.000,-
  • Peralatan lainnya
Rp.     500.000,-
Jumlah biaya InvestasiRp   5.000.000,-
Modal kerja per bulan
  • Bahan Makanan 50 porsi x 30 hari x @Rp 4.000,-  
Rp.  6.000.000,-
  • Sewa tempat                          
Rp.    500.000,-
  • Upah tenaga kerja bantuan satu orang                               -
Rp.    750.000,
  • Transportasi                     
Rp.    300.000,-
Jumlah                                            Rp. 7.550.000,- 
Perkiraan Pendapatan
  • Diproyeksikan penjualan perhari sebanyak 50 porsi dengan harga Rp 7.500,- per porsi.
  • Penjualan makanan 50porsix30harix Rp7.500,-
Rp 11.250.000,-
Pengeluaran selama satu bulanRp   7.550.000,-
Laba / Rugi
Laba  usaha per bulanRp  3.700.000,-
loading...
loading...

0 Response to "USAHA WARUNG BAKSO"

Post a Comment

close