Peluang usaha Event Organizer


PROSPEK USAHA

Bisa dikatakan saat ini bisnis event organizer merupakan bisnis yang memiliki prospek baik, terutama wedding organizer dan kids party organizer.  pemakai jasa ini adalah masyarakat menengah perkotaan  yang dari waktu ke waktu jumlahnya semakin banyak.

Kelompok konsumen pemakai jasa tersebut biasanya mereka yang praktis  dan tidak memiliki banyak waktu sehingga membutuhkan kepraktisan dalam mengorganisasikan kegiatan perkawinan dan pesta ulang tahun putranya yang masih kecil.  Dewasa ini kelas menengah ke atas di perkotaan menjadi target pasar dari usaha  ini. 
 
http://www.holyweddingku.com Wedding Organizer (WO)

Pernikahan merupakan peristiwa penting dalam hidup seseorang.  Oleh karenanya, peristiwa tersebut pasti akan dipersiapkan dengan sebaik mungkin.  Hanya saja karena katerbatasan waktu hal ini sangat sulit dilakukan.  Sehingga, pengguna jasa WO akan sangat terbantu.

WO bertugas mengurus segala keperluan kedua mempelai dalam mempersiapkan pernikahannya dan membantu mengorganisir hampir semua persiapan pesta pernikahan, sehingga diharapkan bisa mewujudkan sebuah pesta
pernikahan yang berkesan.  Persiapan ini dimulai dari mempersiapkan undangan, katering, tata rias, gaun pengantin, tempat resepsi, upacara adat, hiburan, mobil pengantin, souvenir hingga foto dan video shooting.

Kids Party Organizer

Pesta ulang tahun merupakan saat yang paling dinanti oleh anak-anak.  Hanya saja kadangkala sebagian besar dari orang tua punya keterbatasan waktu untuk mempersiapkan pesta perayaan ulang tahun si anak.  Padahal bagi si anak, pesta ulang tahun sangat diharapkan untuk bisa bergembira dan berkumpul bersama teman-temannya.  Jika memang waktu orang tua sangat terbatas, padahal si anak ingin merayakan pesta ultah, maka orang tua dapat menggunakan kids party organizer sebagai solusinya.  

http://wb7.itrademarket.com

Banyak tema pesta menarik, yang tadinya hanya sebatas ide dan angan-angan, terwujud setelah ada campur tangan dari kids party organizer.

Akhirnya, sebagai orang tua bisa puas karena pesta si anak dapat dilaksanakan secara optimal.  Sedangkan si anak pun pasti bahagia karena pestanya begitu unik, seru dan berkesan.

Jadi pada intinya, tugas kids party organizer adalah menyiapkan pesta ulang tahun beserta segala pernak-perniknya (balon, MC, badut, undangan, foto, kue, desain pesta, dll). Peralatan yang dibutuhkan bisa dibeli secara bertahap atau menyewa dari pihak lain.

  TIPS KEBERHASILAN USAHA

Usaha yang berjalan, mempunyai pelanggan banyak dan mendapatkan keuntungan besar merupakan impian dari setiap orang yang membuka usaha.  Sudah barang tentu kesemuanya ingin dapat terwujud sesegera mungkin setelah kita melakukan investasi pada tahun pertama. Berikut ini adalah tips agar bisnis kita langgeng dan sukses:

1. Jangan cepat puas dengan apa yang sudah kita raih, kita harus terus belajar untuk selalu memperbaiki pelayanan,

2. Kenali pelanggan kita sebaik-baiknya

3. Punya uang saja tidak cukup, kita harus punya tim dengan tingkat kreativitas yang tinggi, punya gairah untuk sukses dalam bisnis, komitmen untuk bekerjasama dan profesional

4. Pisahkan keuangan pribadi dan keuangan usaha

5. Mulailah membuat catatan untuk setiap penerimaan dan pengeluaran

6. Buat evaluasi untuk membandingkan target penjualan dengan rencana, guna mengetahui kelemahan yang ada sehingga  bisa segera diperbaiki

7. Jangan terburu-buru melakukan ekspansi jika perusahaan belum benar-benar mantap

8. Kenali pesaing kita dengan baik untuk memacu kita dalam melakukan koreksi dan perbaikan pelayanan

9. Punya “bank data” yang selalu up to date. Bank data ini berisi segala jenis supplier atau vendor yang diperlukan dalam sebuah acara pernikahan, juga bermacam-macam tema pesta.  Ingat untuk selalu memperbaruinya sehingga data tetap bisa berlaku setiap saat diperlukan, baik untuk Anda maupun klien

10. Punya jaringan yang luas untuk supplier atau vendor sehingga klien bisa memperbandingkan satu dengan yang lain

11. Jangan memaksa klien memakai supplier atau vendor Anda.  Mungkin mereka punya pilihan sendiri.  Ingat, Anda sebagai WO, bukan makelar supplier

12. Jangan takut dengan kemunculan WO baru. Bisnis WO adalah bisnis “cocok-cocokan”. Maksudnya, WO bisa bekerja dengan baik kalau ada kecocokan atau chemistry dengan klien

13. Selalu berfikir kreatif dan inovatif sehingga mampu membaca dan mewujudkan keinginan klien.

14. Rajin membaca buku, majalah, nonton tv, film dan browsing internet untuk mendapatkan ide-ide menarik tentang pesta

15. Jika belum memungkinkan memiliki perlengkapan dan peralatan pesta seperti badut, magic show, flying fox dan sound system, Anda bisa menyewa dari pihak ketiga. 

Ingat! Cari yang berkualitas! Intinya yang tidak mengecewakan karena nama Anda yang akan dipertaruhkan

FAKTOR KRITIS PADA KEBERHASILAN USAHA

Dalam setiap bisnis faktor kritis yang menentukan adalam manajemen usaha seperti:
 
http://www.12-monkeys.com 

1. Banyaknya saingan dalam bisnis yang sama 

2. Mengorganisasikan orang, material, alat, modal dan waktu dalam pembagian kerja dan tugas yang tidak tepat. 

3. Biasanya untuk pemula seluruh pekerjaan masih diorganisasikan dan dikendalikan oleh pemilik (one man show)

4. Kurang mampu menggerakkan para pekerja untuk tetap memiliki motivasi dan produktivitas  tinggi

5. Kurang aktif melakukan promosi usaha. 

6. Perilaku konsumtif yang akhirnya lebih besar pengeluaran dari pada pemasukan
  
7. Tidak bisa memelihara jaringan dengan penyedia jasa pendukung WO dan KPO

TEKNIS MELAKUKAN USAHA 

Secara teknis pada prinsipnya usaha WO dan KPO adalah mengambil alih pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan pesta yang dimulai dari persiapan sampai pada pelaksanaan.

WO bertugas mengurus segala keperluan mempelai dalam mempersiapkan pernikahannya yang diharapkan bisa mewujudkan sebuah pesta pernikahan yang berkesan.  Persiapan yang ditangani oleh WO antara lain mempersiapkan undangan, katering, tata rias, gaun pengantin, tempat resepsi, upacara adat, hiburan, mobil pengantin, souvenir hingga foto dan video shooting. 
eo.com

http://id.media2.88db.com 

KPO bertugas menyiapkan pesta ulang tahun anak-anak beserta pernak-perniknya seperti balon, MC, badut, undangan, foto, kue, desain pesta, dll a2.88db.com

Keahlian sebagai WO dan KPO dapat diperoleh dari kursus Event Organiser yang memerlukan waktu beberapa minggu dengan biaya sekitar Rp 8,5 juta.  Materi yang diajarkan antara lain:

- Membuat konsep
- Menyiapkan chek list
- Menyusun run down acara
- Membuat time table
- Pengembangan diri seperti pengembangan kemampuan berkomunikasi 
- pengetahuan tentang etika dan berbusana, bagaimana melayani klien, mengelola supplier.
- Kerja praktik menangani acara WO atau KPO secara langsung.

EO tidak membutuhkan kantor dengan ruangan yang eksklusif tetapi dapat  menggunakan rumah sebagai kantor dengan dilengkapi alat komunikasi telepon, mesin fax dan komputer
ASPEK LEGALITAS 

Pemilihan bentuk usaha, Unit Dagang, CV atau PT merupakan permulaan pembuatan perizinan. 

Adapun langkah pembuatan Akta Perusahaan CV sebagai berikut :

a. Datang ke kantor Notaris untuk pembuatan Akta Pendirian;

b. Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) ke Depperindag;

c. Mengurus Surat Domisili Perusahaan ke RT, RW, Kelurahan, Kecamatan untuk dibawa ke Kantor Pelayanan Pajak Tingkat Kecamatan;

d. Setelah mendapatkan NPWP perusahaan, nomor tersebut Anda bawa ke Notaris untuk didaftarkan ke pengadilan dalam rangka pengesahan Akta Perusahaan oleh Departemen Kehakiman

Event organizer selayaknya berbadan hukum. 

Ini adalah ciri profesionalitas dan legalitas EO.  Satu langkah lagi yang tidak boleh dilewatkan dalam kegiatan perizinan adalah Wajib Daftar, jika perusahaan Anda telah berbadan hukum.

ANALISA USAHA 

Analisis usaha sangat ditentukan oleh sekala usaha dapat didekati dengan kapasitas atau volume penjualan jasa per periode dan dan asumsi-asumsi yang dijadikan dasar perhitungan.  Sebagai simulasi, sekala usaha dan asumsi usaha EO yang disajikan ini adalah sebagai berikut:

1. Usaha dilakukan di rumah.  sementara mengabaikan investasi untuk tanah dan bangunan,

2. Modal usaha seluruhnya berasal dari modal sendiri (keluarga)

3. Metoda penyusutan menggunakan metoda garis lurus

4. Pajak PPH dan PPN diabaikan.

5. Investasi untuk peralatan

Peralatan  dan investasi non alat yang diperlukan:

1. Kursus EO dengan participation fee Rp 8.500.000,-
2. Komputer, telepon, faks Rp 7.500.000,-
3. Peralatan dan perlengkapan (sound sytem, back drop, boneka karakter) Rp 17.000.000,

Semua peralatan dan investasi non peralatan 
ini diasumsikan memiliki umur ekonomis selama 3 tahun

Pembelian bahan-bahan 
-  Perlengkapan habis pakai per bulan Rp 2.000.000,-
-  Kartu nama, pamflet Rp 500.000,- per bulan
Biaya usaha per bulan
- Listrik telepon dan air Rp 2. 000.000,-
- Gaji  2 karyawan @ Rp 1.000.000,-
- Biaya promosi Rp  1.000.000
- Gaji pemilik Rp 2.000.000,-
- biaya lain-lain Rp 500.000,-

Perkiraan Pendapatan Per Bulan
- Pendapatan jasa dari WO rata-rata per bulan 2 kali event @ Rp.5.000.000
- Pendapatan dari jasa KPO rata-rata per bulan 4 kali event @ Rp 2.500.000

PROYEKSI LABA RUGI
KETERANGAN  TAHUN 1 
Bulanan (Rp)   Tahunan (Rp)   Total(Rp)

A.  PENDAPATAN      240.000.000
- Pendapatan jasa dari WO rata-rata per bulan 2 kali event @ Rp.5.000.000 10.000.000 120.000.000  
- Pendapatan jasa dari WO rata-rata per bulan 2 kali event @ Rp.5.000.000     10.000.000 120.000.000  

B.  BIAYA BAHAN     30.000.000
Bahan-bahan  pesta habis pakai     2.000.000 24.000.000   
        Kartu nama dan pamplet  500.000 6.000.000  

C.  LABA KOTOR (A - B)       210.000.000

D.  BIAYA USAHA  :     

1. Biaya Listrik, telepon, air 2..000.000 24..000.000  

2.Gaji pegawai 2.000.000 24.000.000 
 
3. Biaya promosi/pemasaran 1.000.000 12.000.000  

4. Biaya penyusutan          11.000.000  
5. Biaya lain-lain          500.000 6.000.000  
6. Gaji Pemilik 2,000,000 24,000,000  

E.  TOTAL BIAYA USAHA              99.000.000
F.   LABA USAHA (C - E)       111.000.000 
G.  B E P (E/C) 100%             47,14 %


0 Response to "Peluang usaha Event Organizer"

Post a Comment

close