Wednesday, August 6, 2014

PELUANG USAHA DESAIN WEB

loading...

PROSPEK USAHA

Semakin maju teknologi informasi membuat setiap orang menjadi semakin tertarik untuk memanfaatkannya.  Salah satunya adalah penggunaan internet.  Internet merupakan sumberdaya informasi yang menjangkau seluruh dunia. Dimana antara satu komputer dengan komputerlainnya saling berhubungan atau berkomunikasi.  Dengan demikian internet menjadi alternatif bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasinya.

Berbagai fasilitas yang ada dalam internet telah banyak dimanfaatkan oleh manusia. Kehandalan dengan berbagai fasilitas dan manfaat yang ada di dalamnya, maka internet banyak digunakan dalam berbagai perusahaan maupun pribadi untuk media transaksi, promosi dan lain sebagainya.  Perkembangan internet yang begitu cepat memudahkan setiap orang untuk mengaksesnya dan memanfaatkan informasi untuk berbagai kepentingan termasuk untuk berpromosi atau hanya sekedar ingin menunjukkan keberadaannya.  Salah satunya yaitu melalui website.

site.
Saat ini sudah banyak lembaga-lembaga atau institusi yang memiliki website sendiri namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuat website.

Dengan demikian maka membuat website menjadi sebuah peluang usaha bagi yang memiliki keterampilan dibidang ini.  Bisnis ini dapat dijalankan secara perorangan atau kelompok.

TIPS KEBERHASILAN USAHA


1. Proses Loading Situs Web Harus Cepat
Buat desain web maupun grafis yang indah tapi dari segi ukuran file-filenya cukup kecil. agar para pengunjung situs yang koneksi internetnya tidak terlalu cepat bisa meng-akses

2. Format file image yang efektif

Gunakan format GIF bila
-
-
-
Gambar Anda banyak berisi area kosong besar dan warnanya datar
Anda ingin meyakinkan bahwa grafik Anda dapat diterima oleh semua browser dan platform
Anda ingin membuat area di grafik menjadi transparan.
Gunakan format JPEG bila :
-
-
Grafik Anda memiliki tonal yang bervariasi
Grafik Anda adalah fotografi penuh warna

3. Gunakan Teknologi Web yang Semakin Canggih

Beberapa teknologi web:

a
-
-
Bahasa pemrograman Java yang merupakan sebuah bahasa
 pemrograman berbasis objek yang dapat diintegrasikan dengan file HTML melalui objek khusus yang disebut applet.
- keuntungan menggunakan Java


- merupakan subset dari C++
- bisa dipakai ulang (reusable) dan berorientasi objek
- memungkinkan pembangunan situs yang interaktif
- kelemahan menggunakan Java


- Masih belum ada standardisasinya
- Masih belum dapat mensuport semua platform
b
-
-
-
Teknologi CGI yang merupakan mekanisme komunikasi interaktif client-server. Dengan menggunakan CGI maka pengunjung dapat melakukan interaksi dengan situs web secara interaktif. Script CGI dapat dibuat dengan menggunakan Perl, shell Unix, C, ataupun bahasa pemrograman lainnya
- keuntungan menggunakan CGI


- relatif lebih cepat dari Java
- disupport oleh berbagai platform client dan server
- bisa digunakan oleh client yang menggunakan broser berbasis grafik ataupun yang berbasis text
- kelemahan menggunakan CGI


- menghabiskan relatif lebih banyak waktu proses dibandingkan Java
c
-
-
-
-
Teknologi shockwave dari Macromedia, membuat dokumen Director dapat dimainkan pada Web. Director telah biasa dipergunakan, setidak-tidaknya bagi para desainer aplikasi interaktif, yang dipercaya sebagai peranti penciptaan aplikasi multimedia yang mewah. Dengan menggunakan aplikasi Afterburner, programmer director dapat mengompres dan menciptakan dokumen Shockwave yang dapat dilihat dari berbagai browser yang telah diinstall Plug-In Shockwave.

4. Sediakan software plug-in

Untuk dapat menikmati teknologi-teknologi web tersebut, tak jarang pengunjung situs harus memiliki plugins khusus untuk browser mereka

5. Sediakan Link

Situs yang baik juga akan menyediakan link bagi pengunjung situs menuju ke tempat download plugins yang dibutuhkan.

6. Berikan Sesuatu yang Gratis untuk Pengunjung Situs Anda

Mencari sesuatu yang gratis/dengan biaya murah merupakan suatu sifat dasar manusia yang tidak bisa dipungkiri. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan popularitas website Anda.
- Membuat link khusus ke tempat-tempat yang memiliki sesuatu yang gratis.
- Menyediakan sesuatu yang gratis dari website kita (contoh Intel, Oracle, Sun)

7. Menambahkan  feature-feature yang menarik.

Dari berbagai teknologi web yang telah dikenal maka Anda dapat membuat suatu layanan/feature khusus dari situs web Anda yang dapat menarik perhatian pengunjung. Ide dasarnya adalah menarik pengunjung dengan fasilitas/layanan yang disediakan kemudian membuat mereka penasaran untuk  mengeksplorasi lebih lanjut situs web kita, contoh layanan tersebut adalah eCard, search engine, discussion room, chat room, free hit counter, dan lain-lain.

(Rachmat, Eric & Onno W. Purbo)

FAKTOR KRITIS PADA KEBERHASILAN USAHA
Dalam menjalankan usaha ini yang perlu diperhatikan adalah :
1. Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat 
Perkembangan teknologi yang begitu cepat menuntut desainer web harus terus mengikuti perkembangan teknologi informasi


2. Penguasaan teknologi informasi komputer

Syarat mutlak seorang desainer web adalah menguasasi teknologi informasi, karena kegiatan ini sangat erat kaitannya dengan teknologi informasi.

3. Memiliki kemampuan disain gambar
Disamping penguasaan teknologi informasi, seorang desainer web pun dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam menggambar, kemampuan menggambar diperlukan untuk membuat tampilan web yang lebih menarik


4. Kemampuan pemrograman berbasis WEB 

Desain web dikembangkan atau dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web, oleh karena itu seorang desain web perlu mempunyai kemampuan dalam bahasa pemrograman berbasis web.


5. Web Hosting

Agar web yang sudah selesai didesain dapat diakses semua orang, diperlukan jasa perusahaan yang menyediakan web hosting. Web hosting ini semacam rumah untuk menayangkan web, yang dikenakan biaya secara berkala bulanan, semesteran dan tahunan

TEKNIS MELAKUKAN USAHA

1. Isi (konten)
Yang pertama-tama  dipikirkan adalah apa yang ingin ditampilkan dalam web. Apakah itu company profile, atau  berita, atau koleksi gambar.

2. Struktur menu
Setelah tahu apa yang akan ditampilkan baru kemudian dirancang menu-menunya. Menu-menu nanti yang akan menjadi navigasi untuk mengarahkan pengunjung supaya mudah menemukan informasi yang perlu ia dapatkan.

3. Disain
Supaya pengunjung merasa nyaman browsing di website anda, anda harus membuat supaya web anda cantik. Pilihan warna-warna juga perlu dilakukan supaya mata yang melihatnya enak. Flash juga perlu, tapi dijaga supaya tidak terlalu ramai.

4. Mudah diindex oleh mesin pencari /search engine
Cara pembuatan HTML file juga perlu diperhatikan supaya search engine seperti Google mudah mengindex sehingga calon pelanggan yang sedang melakukan searching di Google mudah menemukan web anda sehingga anda mempunyai peluang mendapat pelanggan baru.

5. Ukuran file
Ukuran file juga harus diperhatikan supaya pengunjung cepat melihat web anda. Kalau terlalu menunggu, pengunjung akan meninggalkan web anda dan pindah ke tempat lain.

6. Pemasaran
Harus ada pemasaran yang efisien sehingga web anda dikenal orang. Ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Jika dananya terbatas maka lakukan dengan online, jika dananya cukup lakukan gabungan pemasaran offline dan online. Untuk online lakukan dengan SEO (Search Engine Optimization), sehingga website anda mudah ditemukan melalui Google

7. Offline marketing tool
Website yang dihasilkan harus bisa disimpan dalam versi CD sehingga bisa dipakai sebagai Company Profile CD atau Product Catalog CD. CD ini juga bisa dipakai sebagai presentation tool untuk team sales dan marketing. (www.prowebpro.com)

ASPEK LEGALITAS

Perijinan dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan perkembangan perusahaan, namun  bila usaha yang dibangun adalah perusahaan formal maka sebelum usaha ini berjalan sebaiknya perijinan-perijinan dilengkapi terlebih dahulu.  Perijinan yang diperlukan umumnya berupa ijin prinsip dari instansi terkait, Surat Ijin Tempat Usaha (SITU), Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP),  Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor PokoknWajib Pajak (NPWP), Akte Pendirian Perusahaan melalui Notaris dan lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

ANALISA USAHA

1. Asumsi
- Bisnis yang dijalankan merupakan bisnis perorangan
- Order pembuatan website per bulan satu order dan diselesaikan dalam satu bulan.
- Pekerjaan dilakukan sendiri. 

2. Biaya-biaya Usaha
 Biaya Investasi atau modal awal terdiri dari
  • Komputer / Laptop                            
Rp.   9.000.000,-
  • Jaringan internet
Rp.    5.00.000,-
  • Buku-buku referensi dan lainnya
Rp.    5.00.000,-
Total biaya Investasi   
Rp  19.000.000,-   
Biaya Modal Kerja
Biaya modal kerja per bulan terdiri dari :
  • Tagihan internet                         
Rp  200.000,-
  • Listrik dan telepon                                   
Rp  200.000,-
  • ATK                                                  
Rp  150.000,-
  • Transportasi                                                 
Rp  200.000,-     
Jumlah                                                       
Rp. 750.000,-
Perkiraan Pendapatan

Harga jasa pembuatan satu disain website sampai selesai adalah sebesar
Rp. 2.500.000,-
Laba / Rugi
a. Pendapatan jasa pembuatan satu website
Rp.    500.000,-
b. Pengeluaran selama satu bulan
Rp.    750.000,-
Laba per bulan       
Rp  1.250.000,-
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : PELUANG USAHA DESAIN WEB

0 comments:

Post a Comment

close